Jumaat, 7 Ogos 2015

Cara joss membuat CDI Standar Menjadi Racing



Cara membuat CDI Standar Menjadi Racing




Hal yang tidak bisa lepas dari memaksimalkan performa motor adalah sektor pengapian. Dimana ini adalah energi yang mampu membakar habis semua bahan bakar yang terdia diruang bakar, tentunya dengan titik api yang tepat. Sehingga sebuah kesimpulan sederhana, semakin banyak volume bahan bakar(bensin dan oksigen) yang terbakar,akan mengahsilkan tenaga yang lebih besar pula asal diimbangi dengan pembakaran yang sempurna. Pembakaran yang sempurna harus mempunyai titik api yang tinggi sehingga semua bahan bakar terbakar habis.

Untuk memodifikasi CDI standar menjadi racing bisa dengan langkah sederhana yaitu menggunakan kapasitor, teori ini sebenarnya sudah jadul namun jarang mekanik yang tahu, apalagi mengaplikasikannya. Namanya juga tips sederhana, mungkin karena sederhana para mekanik mengabaikannya…Mungkin saja. Walau hanya dengan kapasitor seharga 10ribuan namun komponen elektronik ini mampu menciptakan api yang jauh lebih besar dibanding sebelumnya/standarnya.

Dan teori dasar kelistrikannya, semakin besar kapasitor yang kita pakai maka akan menciptakan arus listrik yang besar pula. Namun untuk langkah awal yang aman kita bisa bermain dengan kapasitor di angka 4,7 mF/400 volt. Ini berarti sama saja dengan arus CDI menuju koil.

Cara pemasangannya tentunya sangat mudah tinggal kita pasang diantara kabelm output arus dari CDI ke koil motor dimana sisi negatif kapasitor berhubungan dengan kabel dari CDI dan positipnya berhubungan/mengarah ke koil. Cukup sederhana namun cukup terasa arus yang dihasilkan. Demikianlah tips membuat cdi racing dari pengapian bawaan motor.



3 ulasan:

Dikuasakan oleh Blogger.